Senin, 02 Agustus 2010

Lulur Tradisional: Lulur kunyit tepung beras

Siapa bilang beras hanya bisa dimakan. Ternyata lebih dari itu, beras sangat bermanfaat untuk merawat kehalusan kulit. Serat kasar dari tepung beras ternyata mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga beras dapat digunakan sebagai lulur tubuh.
Nah, kali ini saya ingin berbagi resep lulur yang terbuat dari bahan dasar tepung beras. Sangat sederhana dan dapat anda lakukan sendiri di rumah.
Bahan-bahan :
1 kg temugiring
1 kg kunyit
1 ltr air putih
1 ons tepung beras
Cara Membuat :
Kupaslah temugiring dan kunyit. Lalu parut hingga benar-benar halus. Campur dengan 1 liter air dan peraslah. Endapkan selama kurang lebih 2 jam. Kemudian pisahkan air dengan endapannya. Buanglah airnya dan gunakan endapannya untuk dicampurkan secara merata dengan tepung beras. Jemurlah adonan tersebut dibawah terik matahari hingga kering sempuna. Jika perlu ovenlah sebentar dengan suhu 50 derajat celcius. Setelah benar-benar kering, ayak dan sangrai. Lalu simpan di tempat yang kering.
Cara Menggunakan :
Ambil secukupnya (kurang lebih 4 sendok makan) lulur scrub beras tadi. Campur dengan air mawar secukupnya. Atau jika tidak ada air mawar, maka cukup gunakan air putih biasa yang benar-benar bersih bening. Aplikasikan ke seluruh tubuh secara merata yang sebelumnya telah mandi bersih. Tunggu beberapa saat hingga setengah mengering. Lalu gosong-gosoklah sambil dipijat-pijat ringan. Dengan demikian, bukan hanya sel-sel kulit mati yang terkelupas, tetapi peredaran darah pun menjadi lancar. Setelah itu barulah dibilas hingga bersih.
Gunakan seminggu sekali. Dan jangan lupa selalu gunakan pelembab atau body cream setiap kali selesai berlulur.
Selamat Mencoba !

1 komentar: